contact person

Ibu Nuniek 021-36270101


robot forex trading otomatis

Senin, 25 Juli 2011

Jawaban untuk “Kelebihan dan Kekurangan Homeschooling”


Tulisan opini keliru tentanghomeschooling di Yahoo! News Indonesia,
*Baca juga tanggapan praktisihomeschooling di sana. Seru!
Berikut jawabanku di kolom komentar:
Wahai Penulis, Anda dibayar mahal oleh Yahoo Indonesia, lalu kenapa Anda malas riset padahal keluarga homeschooling Indonesia banyak yang sudah bisa dihubungi lewat blog homeschooling mereka masing-masing?
Anda salah besar soal kekurangan homeschooling.
1. Kurangnya disiplin. Salah! Untuk homeschooling dituntut kedisiplinan yang tinggi dari dalam diri anak itu sendiri. Anak homeschooling akan lebih banyak berlatih disiplin dan berinisiatif daripada anak sekolah yang disuruh-suruh terus oleh gurunya.
2. Minimnya kompetisi. Salah! Banyak anak homeschooling yang memilihhomeschooling karena ingin menang dalam kompetisi sesuai bakatnya,programming, olahraga, seni, spelling bee, robotik, dan sebagainya. Mereka tidak takut kompetisi karena mereka berada pada posisi yang menguntungkan untuk MENANG.
3. Belum ada standardisasi kurikulum. Justru kebaikan homeschoolingkarena bisa menyesuaikan kurikulum dengan keunikan tiap-tiap anak.Ketika anak homeschooling ikut ujian persamaan dari pemerintah, mereka pasti harus belajar mengikuti kurikulum nasional.
4. Sosialisasi. Kurang tantangan? Anda salah! Menjadi anak homeschoolinglebih berat karena orang-orang sekitar akan melecehkan dan anak harus berani menjadi lain sendiri. Kalau ada anak orang lain yang berani melakukan bullying seperti yang kerap terjadi di sekolah, keluarga homeschoolingakan melakukan tindakan penanganan yang wajar kita lakukan di masyarakat beradab, yaitu: melaporkan pada pihak berwajib, bukan menahan penderitaan sampai dia lulus sekolah. Anak-anak homeschooling akan menjadi agen perubahan bermental baja yang berani membela kebenaran dan keadilan, bukan orang-orang lemah yang terbiasa dan pasrah dengan kecurangan dan kekejian.
5. Masalah keuangan? Salah! Keluarga homeschooling menghemat uang pangkal, SPP, seragam, dan lain-lain. Yang semuanya bisa dialihkan untuk membeli buku-buku yang lebih penting untuk pendidikannya, atau biaya homestay ke luar negeri sehingga mereka bisa menjelajah dunia kalau mau. Orangtua homeschoolingpunya kekuasaan penuh untuk menentukan biaya pendidikan anaknya. Mereka tidak perlu mengeluh betapa mahalnya biaya pendidikan seperti orangtua lain yang pilih sekolah.
Menurutku kekurangan homeschooling yang sesungguhnya adalah: selalu ada pengkritik kurang info seperti ini, dan keluarga homeschooling terpaksa meladeni mereka dalam hidup sehari-hari. Tidak terasa berat selama kita tidak mencaripersetujuan orang lain dan tetap fokus pada tujuan memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anak.
*Kenapa tulisan itu masuk kolom News kalau cuma opini tak berdasar ya? Aneh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar